Selasa, 27 Desember 2016

Mendapat Manfaat dari Sayur Genjer

Oseng Genjer Djago Jowo
Pernahkah anda mendengar istilah sayur genjer? Mungkin bagi yang tinggal di daerah pedesaan, masih banyak terdapat pasar tradisional dan dapat dengan mudah menemukan sayur genjer ini. Sayur genjer sendiri merupakan jenis sayuran yang daunnya diambil dari tanaman sejenis eceng gondok, yang hidup di air. Namun jangan salah, genjer berbeda dengan manfaat eceng gondok dan tentu saja sayur genjer sangat baik untuk dikonsumsi. Namun saat ini, sayur genjer sudah menjadi favorit dari masyarakat Indonesia, terutama mereka yang seorang vegetarian. Daun genjer dapat dibeli di pasar-pasar tradisional, namun masih agak jarang ditemui di pasar modern, seperti pasar swalayan atau toko sayuran.
Sayur genjer banyak dimanfaatkan daunnya, biasanya dimasak sebagai : Oseng
Sayur genjer memiliki kandungan gizi yang tidak kalah tinggi dengan jenis sayuran hijau lainnya. Meskipun pernah dicap sebagai makanan kelas bawah, namun ternyata, kandungan gizinya termasuk ke dalam kelas tinggi.
Sayur genjer juga memiliki kandungan gizi yang banyak dan bervariasi, dan tentu saja memberikan asupan nutrisi yang sehat bagi tubuh seperti manfaat sayur-sayuran lainnya Seperti:
1. Serat
2. Protein
3. Kalsium
4. Fosfor
5. Zat besi
Selain manfaat yang dihasilkan oleh kandungan-kandungan gizi dan nutrisi umum seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sayur genjer masih memiliki manfaat lain yang ternyata sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah manfaat lain dari sayur genjer :
-Menambah nafsu makan
-Mencegah terjadinya sembelit
-Mencegah terjadinya kanker kolon

Dikutip dari :manfaat.co.id (Terimakasih)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar